Selasa, 07 Oktober 2014

Penggunaan dan Fungsi Bahasa (softskill bahasa indonesia)


Ass.....Wr....Wb

Pada kesempatan ini saya akan memposting sebuah tugas  softskill bahasa indonesia yang telah di berikan, kita simak sama-sama ya ......


1. Penggunaan bahasa indonesia secara baik dan benar adalah saat kita sedang melakukan pembicaraan atau dialog dengan seseorang atau sekelompok orang dengan menyesuaikan penggunaan bahasa kita. Dengan melihat derajat, umur, kondisi, dan topik pembicaraan yang ingin dibicarakan.

Contoh penggunaan bahasa yang baik dan benar sebagai berikut:

*Dengan orang tua :

Ibu : Nak ...?

Anak : Iya bu ...? (menjawab dengan lembut)

Ibu : Tolong antarkan adikmu ke sekolah ya !!

Anak : Baik bu, dengan senang hati.

Ibu : Terima kasih ya nak!

Anak : Sama-sama ibu.



*Dalam rapat :

Pembicara : Selamat siang bapak ibu sekalian ?

Sekelompok : Selamat siang.

Pembicara : Pada kesempatan ini kita akan membicarakan tentang strategi pemasaran barang produksi yang kita buat !

Rudi : Bolehkah saya memberi masukan ?

pembicara : Silahkan, bagaimana strategi yang anda buat ?

Rudy : Baik, terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya.



Contoh penggunaan tanda pada pembicaraan atau kata-kata :

“Kita akan pergi sekarang.” Aku dan Tono bergegas. [jika akhir kalimat dialog adalah titik, maka awal huruf kalimat berikutnya harus kapital/besar].

2. Fungsi bahasa 
    Dapat kita ambil contoh bahasa atau kata-kata yang tertera pada setiap iklan, yang menggukan beberapa kalimat saja namun dalam kalimat itu memberi tahukan sebuah informasi sehingga bisa dibilang komuikasi lewat sebuah kata-kata untuk mengajak atau memberi tahukan sesuatu pada setiap orang yang membacanya.

Dengan menggunakan bahasa dapat menggambarkan suasana hati dan ekspresi seseorang yang dilihat dari sisi penekanan saat seseorang sedang berbicara. Menyampaikan semua opini yang ingin disampaikan kepada orang-orang namun dengan bahasa yang tidak terlalu rumit untuk orang mengerti namun mengarahkan kepada hal-hal yang penting untuk diketahui.



- Menurut Felicia (2001:1) dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis.

- Begitu dekatnya kita dengan bahasa, terutama Bahasa Indonesia, sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari Bahasa Indonesia.

- Komunikasi lisan atau non standar yang sangat praktis menyebabkan kita tidak teliti berbahasa. Kita akan kesulitan pada saat akan menggunakan bahasa tulis atau bahasa yang lebih standar dan teratur.



Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :

- Rasakan Kesegarannya ( kata tersebut bertujuan untuk mengajak seseorang untuk meraskan suatu hal yang menyenangkan dan menyegarkan).

- Hanya di Sini Anda Merasa Nyaman dan Sehat (bertujuan untuk memberitahukan bahwa tempat tersebut nyaman untuk tempat tinggal dan mengajak untuk hidup sehat berada di tempat itu).

- Discount 70 %  (dengan kata tersebut akan menarik perhatian kepada orang-orang bahwa harga dari suatu barang tersebut murah dan hemat).



Bahasa juga dapat digambarkan dengan sebuah gerakan atau ekspresi seseorang, contohnya :

- Gerak tubuh atau jari yang digunakan untuk berbicara kepada orang-orang yang tidak bisa berbahasa dengan menggunakan bunyi ata kecapan dari mulut, sehingga menggunakan gerakan untuk melakukan sebuah komunikasi.



- Ekspresi dari wajah seseorang dapat menggamabarkan seseorang bahwa dia sedang marah, bahagia, gelisah, cemas dan sebagainya, sehingga membuat orang mengerti bagaimana melakukan pembicaraan yang berhubungan dengan ekspresi yang dia tunjukkan.


Oleh karena itu bahasa adalah suatu hal yang sangat penting yang harus dimiliki setiap manusia untuk menyampaikan segala sesuatu yang ingin disampaikan,  bahasa memberikan kemungkinan yang jauh
lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan menggunakan media.


Bahasa merupakan sarana atau alat yang digunakan seseorang untuk mengekspresikan keinginan atau kehendaknya. Suatu hasil pemikiran dan renungan seseorang akan disampaikan atau ditujukkan ke orang lain dengan menggunakan bahasa.



Sekian hasil tugas dari saya tentang Bahasa, semoga dapat bermanfaat buat semua pembaca, lebih dan kurangnya mohon dimaklumi ya......



Wassalam........



Tidak ada komentar:

Posting Komentar