Minggu, 21 Desember 2014

Face Recognition System

Assalamualaikum...

Pada kesempatan ini saya akan menhejelaskan tentang face recognition.

Langkah-langkah dalam proses pembuatan sistem pengenalan wajah berbeda satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan karena adanya faktor-faktor seperti ukuran database atau training set dari citra wajah, jenis input yang digunakan (citra foto atau video), derau (noise) pada citra dan lain-lain.
Proses Pengenalan Wajah
Pada dasarnya proses dalam pengenalan wajah terbagi menjadi beberapa bagian seperti pada blok diagram dibawah ini:

Setiap bagian dalam diagram di atas dapat dilakukan melalui metode yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk mendeteksi wajah, kita dapat menggunakan metode berbasis fitur (feature-based methods) untuk mendeteksi fitur pada wajah (mata, hidung, mulut), atau dapat juga menggunakan deteksi warna kulit.
Metode Pendekatan Deteksi Wajah
Banyak sekali metode pendekatan yang dapat dilakukan pada tahap deteksi wajah pada kondisi yang berbeda-beda. Metode pendekatan ini adalah metode berbasis fitur (feature-based methods), template matching, metode berbasis tampilan (appearance-based methods). Feature-based methods bertujuan untuk mendeteksi keberadaan dan lokasi fitur seperti mata, hidung, bibir, alis, dan lain-lain. Metode template matching adalah sebuah metode dengan menggunakan template yang disimpan untuk mendeskripsikan sebuah wajah secara utuh atau fitur wajah secara terpisah. Dalam metode template matching ini, keberadaan sebuah wajah dapat diketahui melalui perhitungan nilai korelasi antara citra masukan dan template yang disimpan. Metode appearance-based adalah metode yang menggunakan “template” yang dihasilkan dari training pada dataset citra dan digunakan untuk mendapatkan variabel yang mewakili keberadaan dari wajah itu sendiri. Dibandingan feature-based dan template matching, metode appearance-based memberikan hasil yang lebih baik ketika diterapkan pada sistem dengan sejumlah besar sampel.

Berikut adalah pengkategorian dari deteksi wajah.



Begitulah cara kerja dari face recognition, semoga dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum...

sumber ( http://informatika.web.id/teori-pengenalan-wajah-face-recognition.htm )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar